3 Kemampuan yang Harus Anda Miliki untuk Menguasai Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dengan pengguna cukup besar di dunia, hampir seluruh negara-negara di Timur Tengah menggunakan bahasa ini, dengan berjalannya waktu dan seiring semangat para ulama agar Bahasa Arab tersebar bukan hanya di Timur Tengah saja, mulai dari penggunaan bahasa arab sebagai bahasa resmi di forum-forum resmi dunia sampai tersebarnya bahasa arab di berbagai negara-negara dunia khususnya negara-negara dengan mayoritas penduduk muslim, dari fenomena menggembirakan ini maka lahirlah banyak pakar dan instruktur yang telah menghabiskan puluhan tahun umurnya untuk mengajarkan dan menyebarkan bahasa arab, berbagai buku dan karya tulis hadir menjawab kebutuhan para peminat bahasa arab secara umum dan para pelajar dan mahasiswa di berbagai sekolah dan universitas khususnya, di antara buku-buku terkenal yang kini banyak dijadikan kurikulum untuk mempelajari bahasa arab adalah : Kitab Silsilah Ta’lim al-Lugahah al-Arabiyyah, al-Arabiyyah li an-Nasyi’in, al-Arabiyyah Baina Yadaik dan beberapa karya lainnya.
Kemampuan yang Harus Anda Miliki untuk Menguasai Bahasa Arab

Baca Makalah Lainnya : 
Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Berikut kami uraikan komponen dan unsur-unsur yang harus Anda kuasi jika Anda berniat dan ingin bisa serta menguasai bahasa arab secara serius dan menyeluruh yang kami sarikan dari beberapa literatur dan buku-buku pengajaran bahasa arab yang kami sebutkan di atas.

Untuk menguasai Bahasa Arab secara sempurna dan menyeluruh setidaknya Anda harus menguasai tiga pokok di bawah ini :
  • al-Kifayah al-Lughawiyyah (kemampuan bahasa)
  • al-Kifayah al-Ittisaliyyah (kemampuan komunikasi)
  • al-Kifayah as-Tsaqafiyyah (kemampuan / bekal wawasan tentang si empunya bahasa)
A.al-Kifayah al-Lughawiyyah (kemampuan bahasa)

al-Kifayah al-Lughawiyyah ini memiliki 2 bagian yang tak terpisahkan satu sama lain:

1.al-Mahaarat al-Lugahwiyyah al-Araba’ (4 Skill Bahasa ) yang mencakup:

- Skil Istima’ (listening skill)

- Skil Kalaam (telling skill)

- Skil Qira’ah (reading skill)

- Skil Kitaabah (writing skill)

2.al-Anasir al-Lughawiyyah as-Tsalatsah (3 Unsur Bahasa) yang mencakup:

- al-Aswat (menguasai berbagai pola membunyikan kata dan kalimat bahasa arab)

- al-Mufradat (penguasaan ribuan mufradat dan kosakata bahasa arab)

- at-Taraakib an-Nahwiyyah (penguasan ilmu kaidah bahasa arab ( Nahwu dan Sharaf serta Imla’).

B.al-Kifayah al-Ittishaliyyah (kemampuan berkomunikasi)

Dengan memiliki kafa’ah ini siswa / pelajar Bahasa Arab akan mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan dengan si empunya bahasa / orang arab asli. Untuk memperoleh kafa’ah ini, pelajar seharusnya disuplai dengan kalimat, hiwar/percakapan yang terambil dari fenomena sosial masyarakat yang terjadi di tempat asal bahasa, sehingga saat terjadi dialog antara pelajar dengan orang arab asli akan terjadi percakapan dan dialog yang “hidup” di mana terjadi proses interaksi dua arah atau dengan kata lain akan terjadi percakapan yang “nyambung” dan asyik.

C.al-Kifayah as-Tsaqafiyyah (pembekalan wawasan)

Untuk mendapatkan hal ini, pelajar dibekali dengan berbagai pengetahuan yang berhubungan dengan peradaban yang erat kaitannya dengan Bahasa Arab ini yaitu peradaban Islam disertai dengan pembekalan dengan wawasan dan tsaqafah umum yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Kemampuan yang Harus Anda Miliki untuk Menguasai Bahasa Arab

0 komentar:

Posting Komentar

Anda punya pertanyaan tentang bahasa arab atau tentang artikel yang anda baca di website ini? Silahkan layangkan pertanyaan Anda kepada kami, insyaalloh dalam 1 x 24 jam pertanyaan Anda akan kami jawab.