Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu dan Sekilas Tentang Ilmu Nahwu

Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu dan Sekilas Tentang Ilmu Nahwu. Dahulu bangsa Arab di masa jahiliyyah dan awal-awal datangnya Islam berbicara dengan Bahasa Arab yang fasih, lalu agama Islampun memasuki masa kejayaan dengan dikuasainya berbagai wilayah dan daerah yang dahulunya bahasa penduduk-penduduk daerah itu bukan bahasa arab, mereka juga masuk Islam, lantas terjadilah percampuran budaya dan bahasa antara berbagai suku dan bangsa, para ulama lantas mengkhawatirkan terjadinya kekacauan pada bahasa Arab, merekapun mulai membuat kaidah dan usul-usul bahasa arab yang bisa menjaga kelestarian dan kelangsungan bahasa al-Quran dan al-Hadits ini, sehingga lahirlah ilmu kaidah bahasa arab yang disebut dengan Ilmu Nahwu.

Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu dan Sekilas Tentang Ilmu Nahwu


Pasca lahirnya Ilmu Nahwu ini, mulailah sedikit demi sedikit berkembang, namun secara pasti perkembangan itu bisa diharapkan dengan banyaknya karya-karya para ulama tentang Ilmu Nahwu ini.[1] Hingga akhirnya ilmu nahwu mencapai kematangannya dengan hadirya ulama Nahwu kenamaan yaitu Sibawaih.[2]

Para ulama telah memberikan perhatian yang begitu besar dan luar biasa terhadap ilmu kaidah bahasa arab, sampai ada yang mengatakan bahwa tidak ada bahasa yang mendapatkan perhatian yang lebih besar di dunia selain bahasa arab.


Dewasa ini, para musuh Islam tengah berusaha untuk menjauhkan ummat Islam dari bahasa mereka ( bahasa arab ), baik dengan cara merendahkan dan meremehkan kedudukannya atau dengan menggambarkannya sebagai bahasa dengan kaidah yang sangat sulit dan bertele-tele sehingga sangat sulit di pelajari, namun di satu sisi mereka begitu gencar menganjurkan untuk memperhatikan bahasa yang kurang perlu dipelajari.

Jika kita membuka lembaran sejarah, kita akan menemukan bagaimana perhatian generasi emas ummat ini terhadap bahasa arab, mereka bahkan sampai memukul anak-anak mereka agar jangan sampai salah dalam mengucap kalimat bahasa arab.

Syaikhul Islam Ahmad bin Abdul Halim mengatakan : “Para generasi terdahulu ummat Islam sampai menghukum anak-anak mereka jika salah dalam berbahasa arab, maka diwajibkan atau disunnahkan untuk menjaga kaidah bahasa arab ini dan meluruskan lisan yang bengkok, dengan itu kita menjaga jalan kita untuk memahami al-Quran dan as-Sunnah.”(Majmu’ Fatawa : 32/252).

Ilmu Kaidah Bahasa Arab / Ilmu Nahwu sangat dibutuhkan penuntut ilmu dalam semua disiplin ilmu apalagi dalam menimba ilmu tafsir maupun ilmu hadits.

-------------------------------------------------------------------------------------
[1] Para perawi berbeda pendapat tentang siapa yang pertama kali meletakkan batu pertama Ilmu Nahwu (ilmu kaidah bahasa arab) ini? riwayat yang masyhur di kalangan ulama mengatakan bahwa peletak batu pertama Ilmu Nahwu adalah Abul Aswad ad-Du’ali, ada yang berkata bahwa peyebab ilmu kaidah ini dinamakan dengan Ilmu Nahwu karena Ali bin Abi Thalib berkata kepada Abul Aswad ad-Du’ali : 

انحو هذا النحو 

(Tempuhlah “an-Nahwu” -cara/jalan- ini), lalu ilmu inipun dinamakan dengan “Ilmu Nahwu, padahal riwayat ini belum diteliti kebenarannya, dikatakan dalam “Maqayiis al-Lughah maddah “nahwu”: “Dinamakan dengan “Nahwu” karena ditujukan untuk mempelajari usul / pondasi / dasar bahasa arab agar bisa berbicara sesuai dengan kaidah bahasa arab yang dipakai oleh bangsa arab terdahulu.” 

[2] azDzahabi -rahimahullah- berkata tentang Sibawaih : “Ahli Nahwu, dia adalah Abu Basyar Amr bin Utsman bin Qanbar al-Farisi al-Bashri, sempat menuntut ilmu Hadits dan Fiqih lalu iapun fokus menuntut ilmu bahasa arab hingga menguasainya dan menjadi terdepan dalam ilmu bahasa arab ini di zamannya, lalu iapun menyusun kitab nahwunya yang fenomenal itu. (Siyar A’lam an-Nubala’ : 8/351).

Pentingnya Belajar Ilmu Nahwu dan Sekilas Tentang Ilmu Nahwu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ehwah

0 komentar:

Posting Komentar

Anda punya pertanyaan tentang bahasa arab atau tentang artikel yang anda baca di website ini? Silahkan layangkan pertanyaan Anda kepada kami, insyaalloh dalam 1 x 24 jam pertanyaan Anda akan kami jawab.